Selamat Datang, Terimakasih Atas KunjungannyaBeranda
Joko Skul narni sun-sun pemda bjr p4tk mtk
smp satui sulistiana fadjar pwr smp1 wno sumarna
Sabtu, 17 Oktober 2009

NGE BLOG YUK

Mengelola sebuah blog , apalagi sebuah web yang besar diperlukan sebuah pengorbanan. Pengorbanan waktu, tenaga, dan lain-lain. Apalagi seperti saya yang mengandalkan warnet walaupun blognya "menis-menis" (kecil). Satu kali ke warnet anggaplah 8 ribu, satu ulan … . Tapi yah … ndak usah dihitung. Tentu lebih enak bagi guru yang mengajar pada sekolah yang ada fasilitas internet apalagi ada hot spotnya. Pasti lebih leluasa.
Kalau kita lihat di toko-toko buku, banyak buku yang mempunyai judul-judul meyakinkan. Yang pada intinya mengesankan bahwa kita bis menjaring uang dari internet, dari blog. Bisa? Secara teori bisa. Namun pada kenyataan tidaklah mudah, kecuali kita bias membuka took online. Dari iklan? Wah kelihatannya sedikit sekali ya. Jadi kadang saya berpikir kalau mau dapat uang banyak mestinya kita buat buku tentang blog, tentang internet. Coba anda lihat buku-buku yang terbit pada awal-awal boomingnya blog, banyak yang cukup/sangat sederhana. Pengarangnya PD saja, karena waktu awal-awal tentu banyak orang yang belum paham tentang blog. Kalau dijual sekarang? Pasti ndak laku.
Tapi tentu kita tidak memungkinkan membuat dan memasarkan buku tentang blog sekarang, karena masa itu telah lewat.
Mengelola sebuah blog sederhana seperti punya saya juga sering dihinggapi rasa bosan. Apalagi ketika melihat blog-blog teman seangkatan sudah ndak terlalu aktif, bahkan ada yang sudah dihapus. Kadang-kadang bingung mau posting apalagi ya? Pada akhirnya saya lebih sering mengotak-atik tampilan blog saja.
Pada awal-awal dulu saya terkagum-kagum melihat tampilan blog orang-orang yang canggih-canggih. Belakangan baru tahu bahwa kebanyakan hanya memakai template gratisan, Cuma kreatif mencari saja. Akibatnya ada kecenderungan akan menemukan blog dengan tampilan yang sama. Sama halnya ketika saya memakai template harbour. Saya lihat rasanya sudah bagus, namun kaget ketika melihat banyak orang yang memakai template yang sama. Akhirnya terpikirkan bagaimana memodifikasi tampilan blog supaya mempunyai cirri khas yang berbeda dengan blog orang lain.
Ternyata untuk memodifikasi tampilan blog kita harus belajar sedikit banyak tntang HTML (hyper text markup language) dan kemudian CSS (Cascading Style Sheet). Paham?? Ya ndak juga, baru sedikit-sedikit serta keberanian trial and error, walaupun sering errornya.
Salah satu factor penyemangat yang lain adalah adanya keinginan membuatkan blog untuk MGMP Matematika dan Blog Sekolah. Sebab walaupun blog saya nama sekolah, namun karena saya urus sendiri dengna uang sendiri ya saya anggap blog pribadi. Jadi pada akhirnya nanti saya ingin membuat 3 blog terintegrasi. Karena kemampuan yang minim jadi ya pelan-pelan dan mengadalkan intusisi saja.
Faktor penyemngat yang lain adalah banyaknya orang yang mendownload “barang” yang saya tawarkan. Dari sekian banyak yang saya sediakan di blog, ternyata banyak yang di download dengan kisaran 100 an. Bahkan ada yang lebih dari 150 kali seperti KKM Matematika, Analisis 1 aspek, Soal olimpiade dll. Jadi saya berpikir untuk mempertahankan blog saya dengan segala keterbatasan yang ada, dengan harapan blog bermanaat bagi orang lain.
Saya juga sering kaget, tapi senang karena sering ada sms “nyasar” yang isinya ucapan terima kasih, merasa terbantu dengan adanya analisis ulangan atau KKM. Nah pada kesempatan ini saya juga berterimakasih juga pada orang-orang yang telah bersedia mencoba macam-macam yang saya sediakan di blog. Namun pada kenyataan sedikit sekali yang menyampaikan saran – kritik yang sebenarnya sangat saya harapkan. Namun apapun itu, terima kasih telah menownload dan menyebarkannya, terimakasih telah mengunjungi blog saya. Selamat nge- blog ne ….

Tidak ada komentar:

Related Posts with Thumbnails
Ini adalah Contoh Menu, Bukan menu sebenarnya. Ini adalah bagian/ilustrasi dari posting Saya


Profile Visitor Map - Click to view visits
Mau? Klik Ini
javascript:void(0)