Selamat Datang, Terimakasih Atas KunjungannyaBeranda
Joko Skul narni sun-sun pemda bjr p4tk mtk
smp satui sulistiana fadjar pwr smp1 wno sumarna
Senin, 09 November 2009

PROTECT PADA PROGRAM ANALISIS

Beberapa waktu yang lalu, saya membuat posting tentang program analisis ulangan harian. Ada bermacam program analisis yang saya tawarkan. Namun kelihatannya yang llumayan banyak didownload adalah analisis untuk satu aspek.
Ada beberapa keluhan / masukan mengenai program analisis tersebut, antara lain kurang fleksibel dalam jumlah soal. Beberapa program yang ada hanya cukup untuk maksimal 10 pg dan 5 uraian atau 15 uraian untuk yang satu aspek. Banyak yang memerlukan misalnya 20 pg dan 5 uraian. Karena keterbatasan maka jika jumlah soal lebih dari kapasitas yang ada maka hanya bias memakai program analisis untuk ulangan semester, namun sisa kolom terlalu banyak.
Usulan/keluhan yang lain adalah bahwa nama sekolah tidak dapat diganti. Memang pada awalnya tujuan proteksi ini adalah agar pendownload menyampaikan saran ke nomor HP saya, nanti saya ganti dengan cara merubah nama skulnya. Nah pada kesempatan ini akan saya beritahukan cara merubah nama skulnya.
Untuk dpat mengubah nama pada program analisis adalah sebagai berikut: 1) untuk 1 aspek 10 pg 5 uraian: cari sell D1 dan ketikkan =K1. 2) untuk soal 15 uraian semua cari sell D1 kemudian ketik =L1; Untuk 2 aspek 10 pg 5 uraian: cari sell a1 ketik =Q2; 3)untuk 2 spek uraian semua carilah sell a1 ketikkan =Q2 (tanpa sepasi lho). Untuk analisis ulangan semester dan try out sudah tidak ada protect.
Memperhatikan berbagai masukkan, maka pada waktu ini saya sedang membuat program analisis yang lebih fleksibel. Fleksibel? Ya…setidaknya menurut saya. Fleksibel disini yang saya maksut adalah soal mampu memuat maksimal 60 soal, mau PG semua boleh, uraian semua boleh, campur-campur boleh. Jika soal Cuma sedikit, maka kolom sisa bias disembunyikan. Jadi tampilannya akan tetap rapi karena tidak ada kolom sisa.
Tiap kolom nantinya boleh / dapat dipakai untuk soal PG maupun uraian, artinya soal nomor 4 misalnya, boleh untuk PG atau Uraian. Jika PG maka tinggal ketik a, b, c jawaban siswa, kalau uraian ketik skor yang diperoleh. Pada pilihan lainnya nanti dapat dipakai untuk memeriksa dua paket soal sekaligus. Misalnya satu kelas 15 orang paket 1 dan 16 orang paket 2. Namun program analisi ini tidak beraspek-aspek. Mengapa?? Karena guru-guru rupanya tidak mau repot, walaupun sebenrnya guru (SMP) harus tetap punya nilai berapek-aspek namun ke raport 1 nilai saja.Program analisi nantinya juga akan dilengkapi dengan analisis soal meliputi reliabilitas, validitas dan jika cukup waktu ada daya bedanya. Jika cukup waktunya lho. Sebenarnya saya lebih suka analisis hasil saja, tidak ke analisi soal. Karena lebih cocok dengan keperluan guru. Dalam pemahaman saya analisis soal dilakukan sebelum ulangan harian, jadi soal yang digunakan adalah soal yang sudah sahih saja.

Tidak ada komentar:

Related Posts with Thumbnails
Ini adalah Contoh Menu, Bukan menu sebenarnya. Ini adalah bagian/ilustrasi dari posting Saya


Profile Visitor Map - Click to view visits
Mau? Klik Ini
javascript:void(0)