Selamat Datang, Terimakasih Atas KunjungannyaBeranda
Joko Skul narni sun-sun pemda bjr p4tk mtk
smp satui sulistiana fadjar pwr smp1 wno sumarna
Jumat, 08 Mei 2009

ADMINISTRASI UKS

Sekolah anda sudah maju?? RSBI?? SSN??? Kalau iya, syukurlah. Kalau belum juga tidak mengapa. Beberapa waktu yang lalu, ada kepala sekolah di Martapura yang menghubungi saya. Pesannya sederhana, minta tolong dibuatkan program untuk administrasi UKS. Wah...program seperti apa ini ya...? Saya sendiri juga bingung tuh. Maka singkat cerita sayapun bertanya langsung, program seperti apa yang dimaksud. Ternyata pada intinya dengan program itu diharapkan bisa mengetahui berapa pengunjung yang sudah pernah datang, laki-laki berapa, perempuan berapa, kelas VII berapa, kelas VIII berapa, kelas IX berapa, Sakit A berapa, sakit B berapa, sakit...berapa, Usia 12 berapa, usia 13 berapa, usia....berapa, obat yang diberikan jenis A berapa, B berapa,....berapa. Trus ada tambahannya lagi sisa obat jenis A ada berapa, obat B masih berapa, dan masih banyak lagi. Trus kalau bisa disajikan dalam bentuk tabel dan diagram batang sekalian. Dan yang lebih penting data tersebut dapat dilihat kapanpun diperlukan.
Wah....lumayan juga tantangannya. Tapi masalahnya saya hanya bisa buat pakai Excell nih. Yah ....terserah saja kata beliau. Yang penting gampang dipakai, kerjaan yang dilakukan tiap hari tapi hasilnya sebaik mungkin. Walah.....
Singkat cerita, saya pun berusaha, yah...anggap sebagai tantangan. Dan singkat cerita jadilah prototip program administrasi UKS nya. Isinya? yah...kurang lebih begini.
Yang mampu disajikan:
  1. Jumlah pengunjung
  2. Tabel dan diagram batang jumlah pengunjung menurut kelas.
  3. Tabel dan diagram batang jumlah pengunjung menurut jenis kelamin.
  4. Tabel dan diagram batang jumlah pengunjung menurut jenis Usia.
  5. Tabel dan diagram batang jumlah pengunjung berdasarkan keluhan/sakit.
  6. Tabel dan diagram batang banyak obat yang diberikan (menurut nama/jenisnya)
  7. Tabel dan diagram batang 10 penyakit yang paling sering muncul.
  8. Tabel dan diagram batang 10 nama obat yang paling banyak/sering diberikan.
  9. Nama 15 siswa yang paling sering sakit.
  10. Persediaan Obat (berapa terpakai, berapa sisanya, sehingga kita dapat membuat perkiraan kapan kita perlu menambah lagi dan jenis apa saja)
Data khusus 1 (dengan mengetikkan nomor induk siswa)
Data siswa tertentu (sesuai permintaan) berkaitan dengan berapa kali ia sakit, sakit apa saja, bulan apa saja.

Data khusus 2 (Data pada bulan tertentu)
Isinya adalah tabel dan diagram batang seperti yang di atas itu, namun khusus bulan tertentu. Misalnya kita pilih bulan april, maka data (tabel dan diagram batang bulan april yang ditampilkan).

Laporan Bulanan
Berisi data-data tiap bulan (bulan tertentu), yang intinya laporannya tinggal print saja, data sudah menyesuaikan bulan yang kita kehendaki.

Yah...kemampuannya baru kurang lebih begitu. Kepala sekolahpun setuju. Sekarang tinggal menyederhanakan cara penggunaannya saja.

Akhirnya ketemu caranya, kurang lebih begini: Tiap pengunjung (pasien datang, tinggal diinputkan begini, Nomor Induk, Nama sakit/keluhan, Obat yang diberikan (tinggal ketik kodenya misal kode A sebanyak 2 butir dan kode b 5 butir maka tinggal ditulis AABBBBB atau AA BBBBB saja). Gampangkan...maka kapanpun kita memerlukan kita dapat melihat data/diagram batang seperti di atas.

Sekolah anda berminat??Sudah mempunyai yang lebih baik???

Berminat?? Hubungi saya di smpn5_martapura@yahoo.com


1 komentar:

Marshmallow mengatakan...

mas feri hebat!
kesederhanaan program menurut hemat saya tak jadi masalah. yang penting kita mengerti prinsip pengerjaannya sehingga gampang dimodifikasi untuk menjadi lebih akomodatif bagi berbagai kepentingan dan variabel.

Related Posts with Thumbnails
Ini adalah Contoh Menu, Bukan menu sebenarnya. Ini adalah bagian/ilustrasi dari posting Saya


Profile Visitor Map - Click to view visits
Mau? Klik Ini
javascript:void(0)