Selamat Datang, Terimakasih Atas KunjungannyaBeranda
Joko Skul narni sun-sun pemda bjr p4tk mtk
smp satui sulistiana fadjar pwr smp1 wno sumarna
Selasa, 11 Mei 2010

Olimpiade Matematika SMP Tahun 2010 (Soal dan Alternatif Jawaban)

Perhatikan soal-soal berikut.
  1. Sebuah segitiga ABC samakaki dipotong menjadi dua buah segitiga samakaki (tidak harus kongruen) dengan membagi dua salah satu sudut alasnya. Ukuran sudut terkecil dari segitiga ABC tersebut adalah ... .
  2. Anto mempunyai 20 lembar seribuan, empat lembar 5 rubuan, dan dua lembar sepuluhribuan. Jika x, y, z adalah banyaknya seribuan, limaribuan, sepuluhribuan, maka banyaknya cara berbeda sehingga jumlahnya dua puluh ribu adalah ... .
    a. 6
    b. 7
    c . 8
    d. 9
    e. 10
  3. Suatu pekerjaan dapat dikerjakan oleh Anto dan Dini dalam waktu 6 jam. Jika pekerjaan itu dikerjakan oleh dini sendirian maka akan selesai 5 jam lebih lambat daripada jika dikerjakan oleh Anto sendirian. Pekerjaan tersebut dapat dikerjakan oleh anto sendirian dalam waktu ... jam.
Soal-soal di atas adalah beberapa contoh soal olimpiade smp tahun 2010. Selengkapnya silahkan download di bawah. Dalam blog ini (side bar) anda juga dapat mendownload soal-soal yang lain.

Beberapa waktu yang lalu, olimpiade matematika (MIPA) tingkat kabupaten telah dilaksanakan. Seperti biasa, sekolah saya kurang siap. Akibatnya tahun ini kembali tidak dapat terlalu diharapkan hasilnya. Jadi ... kembali puasa prestasi.

Namun sebenarnya banyak hal yang dihadapi oleh sekolah kecil dalam usaha mencapai prestasi dalam olimpiade. Namun tidak pada tempatnya hanya mengeluh terus, tentu masalah yang dihadapi harus dijadikan batu pijakan untuk kesempatan berikutnya.

Pada posting kali ini saya akan sajikan soal-soal dan pembahasannya. Maaf maksud pembahasan disini adalah alternatif pemecahannya. Hal ini karena soal olimpiade adalah soal yang bagus. Soal yang bagus biasanya sulit mencari jawaban, namun ternyata cara mencari jawaban / alternatif caranya banyak (lebih dari satu). Jawaban saya benar semua? Dengan jujur dan malu-malu saya bilang belum tentu. Pertama karena soal-soalnya bagus (susah) yang kedua saya tidak mempunyai akses untuk memperoleh jawaban / kunci. Karena saya tidak pernah dilibatkan dalam mengurus pelaksanaan olimpiade di kabupaten. Bukan karena tidak adil, namun .... yang pintar-pintar banyak apalagi kalau cuma seperti saya he...he...he... .

Berikut ini adalah link unduh untuk soal olimpiade matik smp tingkat kabupaten tahun 2010


Tapi ... maaf untuk pembahasannya baru dipersiapkan. Tunggu beberapa hari ya.

1 komentar:

DeddliawaN IsmaiL mengatakan...

seru ne kayaknya....ran juga lagi cari soal problem solving yang berbasis open ended...kira2 ada ga ya di soal olimpiade

Related Posts with Thumbnails
Ini adalah Contoh Menu, Bukan menu sebenarnya. Ini adalah bagian/ilustrasi dari posting Saya


Profile Visitor Map - Click to view visits
Mau? Klik Ini
javascript:void(0)