Selamat Datang, Terimakasih Atas KunjungannyaBeranda
Joko Skul narni sun-sun pemda bjr p4tk mtk
smp satui sulistiana fadjar pwr smp1 wno sumarna
Jumat, 07 November 2008

PROGRAM ANALISIS HASIL ULANGAN HARIAN

Beberapa waktu lalu, guru-guru matematika tersenyum ketika mendengar kabar, bahwa nilai siswa kembali jadi satu seperti kurikulum 1994, mata pelajaran lain juga. Namun rupanya kabar yang bias membuat tersenyum tersebut belum titik. Kabar selanjutnya menyatakan, bahwa walaupun nilai di raport hanya satu (tunggal), namun guru matematika SMP tetap harus mengumpulkan nilai 3 aspek, seperti yang kemarin juga. Wah …. . Kabar ini pun belum begitu jelas bagi saya terutama karena “antenna saya yang pendek”.

Nah berarti jika kita ulangan harian atau apapun namanya yang terdiri dari 3 aspek atau 2 aspek, maka kita harus memilah-milah nilainya bukan? Sulit … ya jelas.

Dalam rangka membantu tugas guru tersebut, saya berusaha mengembangkan program analisis hasil ualngan harian sebuah program analisis sederhana (mengandalkan Ms. Excel yang dapat anda coba). Sebagai bayangan dapat saya jelaskan sedikit kelebihan yang bisa saya tawarkan dalam program analisis hasil ulangan harian ini:

  1. Jika soal PG maka tinggal ketik jawaban siswa saja (A, B, C, D nya) tidak perlu kita koreksi terlebih dahulu, namun tentu saja kita juga harus mengetikkan kunci jawabannya. Jawaban yang benar akan berwarna abu-abu. Lihat contoh.
  2. Jika soal terdiri dari beberapa aspek, misalnya matematika 3 aspek : pemahaman konsep (P), penalaran komunikasi (K), pemecahan masalah (M), maka pada bagian tipe soal kita tinggal ketikkan kode P, K atau M saja. Secara otomatik nilainya akan dipilah-pilah berdasarkan aspek soal.
  3. Tersedia beberapa pilihan 1 aspek, 2 aspek, 3 aspek, 4 aspek, baik uraian semua maupun kombinasi pilihan ganda dan uraian.
  4. Jika nilai kembali jadi 1 maka juga sudah dipersiapkan mengantisipasi “kreatifitas” orang di pusat.
  5. Bobot soal diprogram secara fleksibel, artinya jumlah skor baik total maupun tiap aspek , boleh berapa saja. Tidak harus berjumlah 10, 100, dst. Bias 15, 19, 27, 37 berapa saja pokoknya.
  6. Ketuntasan individu (KKM) dan klasikal (jika diperlukan) dapat kita ubah sesuai KKM mata pelajaran sekolah kita pada kelas yang bersesuaian, ketuntasan siswapun sudah terprogram secara otomatik.
  7. Tersedia data jumlah siswa, siswa tuntas, tidak tuntas, jumlah soal, jumlah tiap aspek secara otomatik.
  8. Pembulatan nilai dapat diubah-ubah sesuai keinginan, missal 56,789, atau 56,79 atau 56, terserah keperluan.
  9. Nilai maks, Min, jumlah soal tuntas tiap aspek, jumlah siswa tuntas tiap aspek, daya serap, pencapaian ketuntasan tiap aspek terprogram.
  10. Distribusi nilai yang fleksibel karena batasnya dapat kita ubah, namun saran umum distribusi terbagai menjadi: siswa tidak tuntas, tuntas namun “biasa”, tuntas dan pantas diberi pengayaan.
  11. Nama siswa yang tidak tuntas tiap aspek terprogram maksudnya muncul secara otomatis gitu.
  12. Nomor soal yang tidak tuntas terprogram.

Program ini lebih ditujukan untuk program analisis hasil bukan analisis soal, namun sebagian analisis hasil juga tercakup pada beberapa program/pilihan yang ada. Berikut ilustrasinya.




Pilihan yang saya punya dan tawarkan antara lain:
  1. 3 aspek uraian semua
  2. 3 aspek maksimal 10 PG + maks 5 Uraian
  3. 2 aspek uraian maks 15 soal
  4. 2 aspek campuran
  5. 1 aspek uraian semua mks 15 soal
  6. 1 aspek campuran
  7. 3 aspek ul-semester maks 30 pg, 10 uraian
  8. maks 50 pg + 10 uraian 1 aspek.
  9. untuk memeriksa try out, dapat digunakan untuk 2 tipe soal A dan B seperti UN kemarin, terangkai untuk 4 mapel yang di UN kan, syarat kelulusan dapat kita ubah sesuai peraturan, hasil kolektif langsung ketahuan yang lulus dan tidak (maks 50 pg + 10 uraian, namun yang tepakai pg saja) dapat anda coba.
Gambar diatas sebagai gambaran ja. Oke???


----------------------->tambahan<-----------------------

Ini adalah posting saya beberapa waktu lalu. Belakangan (2010) asaya membuat program analisis baru yang jauh lebih baik (menurut saya). Program analisis baru tersebut lebih fleksibel karna bisa untuk PG, bisa untuk Uraian maupun campur-campur. Bisa analisis soal dan analisis hasil. Keterangan lebih lengkap dan link download silahkan klik

-------->disini.<------

Untuk download langsung, silahkan lihat pada menu pada side bar di samping. (pada tabel-tabel di samping.

----------------------->tambahan<-----------------------





Tidak ada komentar:

Related Posts with Thumbnails
Ini adalah Contoh Menu, Bukan menu sebenarnya. Ini adalah bagian/ilustrasi dari posting Saya


Profile Visitor Map - Click to view visits
Mau? Klik Ini
javascript:void(0)