Selamat Datang, Terimakasih Atas KunjungannyaBeranda
Joko Skul narni sun-sun pemda bjr p4tk mtk
smp satui sulistiana fadjar pwr smp1 wno sumarna
Jumat, 01 Mei 2009

ANALISIS ULANGAN BARU

Beberapa waktu yang lalu, ada teman yang minta dibuatkan program analisis dengan jumlah soal tertentu. Namun karena lagi kena penyakit malas, permintaan tersebut belum dapat saya penuhi. Membuat program anlisis kadang-kadang terasa jenuh juga. Semangat akan muncul jika terasa ada tantangan yang baru.

Salah satu yang saya maksud dengan tantangan adalah: bagaimana membuat program analisis yang dapat fleksibel diisi soal PG dan / atau uraian. Maksud saya, andaikan saya buat sebuah program anaisis dengan jumlah masimal soal 20, maka saya dapat menggunakannya untuk 10 PG dan 10 uraian, atau 15 PG dan 5 Uraian, atau 8 PG dan 4 Uraian, atau 24 PG, atau ..... dst. Jadi maksudnya program analisis yang pada kolom-koomnya dapat diisi / digunakan untuk soal PG ataupun Uraian....read more...

Ternyata untuk membuat program analisis seperti ini, tinggal menambahan beberapa fungsi ---IF--- saja. Secara garis besarnya kita tambahkan if dengan logika sbb: jika cell x isinya a atau b atau c atau d atau e, jika jawaban tersebut benar (sesuai kunci) maka isi dengan bobot soal, jika isinya suatu bilangan, maka isinya menjadi bilangan itu sendiri. sebagai contoh jika pada sell c8 diisi "b" maka program aan mengenali soal nomor tersebut adalah soal PG sehingga jika jawaban tersebut benar maka pada sell hitungannya akan tertulis bobot maksimal soal, dan jika tidak maa akan diisi 0 atau kosong.
Beberapa hal yang menantang lain adalah bagaimana membuat program analisis yang mampu mengurutkan data secara otomatis, tanpa harus melakukan blok dan sort. Maksudnya? Perhatikan tabel berikut ini.


NoNama SiswaJawaban / skorNilai
1Agus Sumarnoabc...5243
2Briantaracca...4465
3Devicad...8873


Maka akan diurutkan menjadi
NoNama SiswaJawaban / skorNilai
1Devicad...8873
2Briantaracca...4465
3Agus Sumarnoabc...5243

Nah inilah yang nantinya bisa digunakan untuk mencari daya beda soal. Tantangan lain?? Untuk melihat salah satu contoh analisis fleksibel antara pg dan uraian silahkan klik disini. Kali ini anaisis cocok untuk mata pelajaran Penjas dan atau Bahasa. Silakan dicoba.

----------------------->tambahan<-----------------------

Ini adalah posting saya beberapa waktu lalu. Belakangan (2010) asaya membuat program analisis baru yang jauh lebih baik (menurut saya). Program analisis baru tersebut lebih fleksibel karna bisa untuk PG, bisa untuk Uraian maupun campur-campur. Bisa analisis soal dan analisis hasil. Keterangan lebih lengkap dan link download silahkan klik
-------->disini.<------
Untuk download langsung, silahkan lihat pada menu pada side bar di samping. (pada tabel-tabel di samping.

----------------------->tambahan<-----------------------


Tidak ada komentar:

Related Posts with Thumbnails
Ini adalah Contoh Menu, Bukan menu sebenarnya. Ini adalah bagian/ilustrasi dari posting Saya


Profile Visitor Map - Click to view visits
Mau? Klik Ini
javascript:void(0)