Selamat Datang, Terimakasih Atas KunjungannyaBeranda
Joko Skul narni sun-sun pemda bjr p4tk mtk
smp satui sulistiana fadjar pwr smp1 wno sumarna
Jumat, 30 Juli 2010

MEMBUAT "KOTAK-KOTAK" DENGAN MS. WORD

Hari ini, saya tertarik mencari tulisan tentang topic, pendidikan berkarakter. Topik ini menarik karena pendidikan berkarakter sedang menjadi trend walaupun tidak setenar ”keong racun”. Terus terang saya tidak paham pendidikan yang berkarakter itu apa, yah baru berusaha mengenal saja. Nah suatu saat teman saya juga mengajak bicara tentang hal tersebut dan pada intinya mengatakan bahwa pendidikan berkarakter dapat tercermin dalam RPP. Walah .... .

Akhirnya saya putuskan untuk mencari di internet. Untungnya modemnya ndak ngadat lagi sekarang. Penjelasan dapat, baca dikit-dikit. Paham? Entahlah. Akhirnya saya cari RPP terbaru dengan harapan sesuai tuntutan yang berkarakter tadi. Dapat di Pak Nurhadi bloger senior dari lamongan. Saya download saja. Baca-baca dikit.

Tapi ada hal menarik dalam RPP matematika kelas IX tersebut yaitu gambar ”kotak-kotak” (KD 1.1 halaman 5). Agak sedikit aneh (maaf) gambar tersebut karena garis pinggirnya selang-seling, jelas – tidak jelas. Saya (sok pintar nih ...) mencari tahu kira-kira bagaimana membuatnya. Ternyata beliau menggunakan banyak sekali edit point, jadi mungkin garis terus ditekuk-tekuk begitulah kira-kira. Wah lama dong. Nah berikut salah satu cara membuat diagram kartesius, atau kotak-kotak yang lebih ”mudah”
  • Buka ms. Word. Buat garis mendatar. Kopi sebanyak yang anda mau anggaplah 12 buah pisahkan paling atas dan paling bawah sesuai keinginan, keduanya nanti menjadi batas atas dan batas bawah.
  • Select (dapat dengan klik atau select object) lihat gambar berikut. Kemudian dari menu drawing pilih Draw – align distribution – align left.
  • Berikutnya dalam keadaan semua object masih ter-select, lakukan langkah berikut: Draw – align distribution – distribute horizontally. Berikutnya group semua object tersebut.
  • Langkah berikutnya adalah atur ukuran object kita tadi dengan cara: klik object tadi – klik kanan – format auto shape – size ( ubahlah menjadi persegi, panjang dan lebarnya sama). Kemudian kopi objek kita menjadi 2.
  • Langkah berikutnya pilih salah satu object kemudian rotasi 90 derajat. Nah anda tinggal menyatukannya saja (pilih kedua object – draw – align distribusion – center trus draw align distribution – midle) trus di group. Jadi deh.
Bagaimana kalau yang mau kita buat bukan berbentuk persegi. Ini juga tidak sulit, caranya tingal kopi persegi kita trus klik keduanya – draw – align ditribution – top. Maka kedua objek sudah rata atas. Trus klik salah satu, geser dengan geser panah ke kiri atau kanan hingga sesuai keinginan kita. Tinggal anda group dan jadi kan. Langkah ini adalah untuk Ofice word 2003, untuk 2007 dapat dilakukan dengan cara sama, namun letak-letaknya saja yang berbeda.

2 komentar:

Narni Kurniawan mengatakan...

hahaha, ngakak sy baca keong racun muncul juga di sini (:spesies barukah?)
RPP mencerminkan pend berkarakter? ilmu baru apalagi ini Pak? kmd bagaimana dengan cara menyusun RPP yang bener (: eksplorasi, elaborasi, konfirmasi apakah harus tersurat?)

SMP NEGERI 5 MARTAPURA mengatakan...

Wah tak taulah juga saya. Katanya RPP harus mencerminkan / termuat sebagian dari 18 karakter yang ingin dimunculkan, misalnya kejujuran, kerjasama, dsb. Katanya lho. Untuk amannya eksplor-ela-konf-sebaiknya tersurat supaya ndak ditanya-tanya orang. tinggal di kasih dalam kurung (langkah ekplor ....)walaupun menurut kita belum tentu sama kehendak orang.

Related Posts with Thumbnails
Ini adalah Contoh Menu, Bukan menu sebenarnya. Ini adalah bagian/ilustrasi dari posting Saya


Profile Visitor Map - Click to view visits
Mau? Klik Ini
javascript:void(0)