Selamat Datang, Terimakasih Atas KunjungannyaBeranda
Joko Skul narni sun-sun pemda bjr p4tk mtk
smp satui sulistiana fadjar pwr smp1 wno sumarna
Selasa, 27 Januari 2009

LAPORAN TRY OUT

Anda punya program anlisis try out? Jika jawaban anda “Ya…” maka ada baiknya tulisan ini anda lewati saja. Kalau anda memaksa membaca mungkin nanti anda kecewa. Kalau jawabanya belum mungkin ada baiknya anda membacanya. (Nah mestinya pada bagian ini saya tempatkan ..read more…kan)

Tiap tahun, kita melakukan try out beberapa kali untuk siswa kelas IX, tentunya hasil try out akan berguna bagi kita untuk mengoreksi diri kita apa yang masih kurang dan perlu kita perbaiki. Hasil try out juga dapat dijadikan rambu-rambu bagi anak didik kita, apakah masih harus meningkatkan belajar, dan bagian mana yang harus ditambah. Tentu kita juga perlu membuat laporan untuk orang tua siswa, supaya mereka tahu perkembangan siswa kita serta ikut mengawasi belajarnya saat dirumah.

Tidak ada patokan khusus bentuk laporan tersebut, masing-masing sekolah bisa mengkreasikan laporan masing-masing, namun secara garis besar akan seperti contoh laporan berikut ini. Jika anda perhatikan maka pada laporan tersebut ada tulisan yang saya beri warna biru. Warna biru, menandakan bahwa tulisan tersebut berasal/terhubung dari Link halaman lain. Misal pada table nilai, nilai dan tulisan pada table ini, terhubung dengan lembar analisis. Jadi pada lembar analisis kita tinggal mengentri data anak-anak, jawaban a, b, c, d nya, maka nanti nilainya secara otomatis tercantum disini. Temasuk tulisan dalam bentuk kata-kata empat koma ….. . Terus …..?

Pada baris bawahnya terdapat tulisan TIDAK LULUS karena rata-rata nilai kurang dari 5.5 Padahal sarat utama untuk lulus adalah rata-rata nilai minimal 5.5, ini juga dapat dimunculkan secara otomatis. Ini menunjukkan alas an mengapa si anak tersebiut tidak lulus, ada beberapa criteria. Yaitu rata-rata min 5,5, tidak ada nilai di bawah 4, jumlah nilai di bawah empat kurang dari 3 (maks 2). Syarat lulus ini dapat kita jadikan variable, dan kita atur pada halaman awal, sehingga jika tahun depan syaratnya berubah, dan itu pasti maka kita tinggal mengganti angka-angka tersebut. Misal rata-rata 5,5, nilai yang kurang dari 4,25 maksimal 3, dst, tinggal ganti saja.

Pada table yang ada di bawahnya terdapat nomor-nomor yang masih dijawab salah oleh siswa yang bersangkutan untuk tiap mata pelajaran. Isi ini juga terkait dengan lembar analisis tiap mata pelajaran yang ada. Jadi pada dasarnya kita nanti hanya akan mempunyai 1 file, namun isinya lengkap yaitu:

  1. Halaman muka/pengaturan meliputi: a) identitas sekolah, kabupaten, kepsek, panitia, tanggal, dll. b) syarat kelulusan, c) Awal nomor siswa yang akan kita cetak laporannya missal 5 anak diawali dengan anak dengan nomor urut 7, maka nanti dilaporan kita dapat mencetak laporan utuk 5 anak yang bernomor 7, 8, 9, 10, 11, 12. tentu kita dapat mengaturnya supaya langsung 10 nomor dst.
  2. Lembar analisis untuk bahasa Indonesia.
  3. Lembar untuk Matematika,
  4. Lembar B. inggris,
  5. Lembar analisis IPA.
  6. Kolektif. Halaman ini memuat ringkasan hasil ujian / try out semua anak dengan criteria lulus/tidak, prosentasi kelulusan, dan lain-lain. Halaman ini kita link-kan dengan halaman lain, sehingga pada halaan ini kita tidak perlu ngapa-ngapain. Santai bro..
  7. Halaman laporan. Isi dari halaman ini ya seperti gambar di bawah itu. Dapat kita atur, missal memuat 5 lembar atau lebih, atur sajalah… Kelak kita tinggal print halaman ini, ndak perlu merubahnya, santai lagi ….
  8. Halaman pendukung. Kadang kita ribet menulis rumus yang agak panjang, lha supaya tidak terlalu mengganggu kita bisa menaruhya disini saja.

Tentu banyak alternative lain yang dapat kita kreasikan. Eh…. Sebelum lupa, pada analisis saya masih manual lho, artinya saya masih harus menginput jawaban anak satu persatu a, b, a, d, c, c, d, c, d, a, c, …. Lelah? Ya ia lah …. Tulisan ini juga tidak bermaksud menggurui lho. Saya kan berniat berbagi terutama dengan sekolah-sekolah di desa seperti saya, kalau yang dah maju sih …. . Anda sudah punya yang lebih baik?? Yah … anggap ini sebagai pembanding, atau ndak usah dibaca saja? E..e..dah terlanjur ya???Kan tadi sudah diingatkan..

Analisis Try Out dan lain-lain dapat anda download di tabel-table pada sidebar di samping.


Tidak ada komentar:

Related Posts with Thumbnails
Ini adalah Contoh Menu, Bukan menu sebenarnya. Ini adalah bagian/ilustrasi dari posting Saya


Profile Visitor Map - Click to view visits
Mau? Klik Ini
javascript:void(0)