Selamat Datang, Terimakasih Atas KunjungannyaBeranda
Joko Skul narni sun-sun pemda bjr p4tk mtk
smp satui sulistiana fadjar pwr smp1 wno sumarna
Jumat, 28 Mei 2010

MENGHAPUS PESAN YANG TDAK DIINGINKAN DAN MENGATUR LEBAR SHOUTBOX

Beberapa waktu lalu teman saya sesama blogger ketinggalan jaman, (Sumarna Satui, sama-sama ketinggalan jamannya dengan saya), kebingungan karena saya lihat ada muridnya yang menuliskan kata-kata kotor (tidak pantas) di shoutbox. Beliau menulis kode SOS di blog saya, intinya minta tolong/bertanya bagaimana cara menghapus pesan yang tidak diinginkan tersebut.
Waktu itu saya belum jawab, bukan karena tidak bersedia membantu, namun karena saya juga tidak tahu caranya. Lha ... kan sudah saya bilang di atas, bahwa saya sama-sama ketinggalan jaman.
Kalau tidak salah, waktu itu ada seorang tamu yang membantu memberi jawaban. Namun saya waktu itu juga tidak paham maksud dari jawabannya tersebut. Namun intinya kita harus loggin dulu. Dalam hati saya waktu itu: "login kemana".

Nah .. hari ini saya baru tahu cara menghapus pesan yang tidak kita inginkan tersebut. Ternyata caranya gampang. Tapi ya harus ingat pasword kita. Caranya adalah sebagai berikut:
  1. Perhatikan shoutbox anda. Lihat pada bagian atas kanan, lihat tanda panah pada gambar, terdapat lambang omega. Jika didekati mouse/pointer maka akan muncul tulisan admin. Silahkan di klik.
  2. Maka akan muncul / masuk ke gambar 2 berikutnya. Tinggal masukkan pasword anda , pasword yang sama dengan yang anda pakai saat membuat dahulu. Lupa?? Yah ... jangan tanya saya dong, kalau lupa.
  3. Berikutnya akan muncul seperti gambar ke 3, di atas. Namun muncul tulisan ban delete pada tiap postingan/pesan. Anda tinggal mengklik pesan mana yang anda mau hapus, beres dah. Trus kalau sudah selesai tgal logout. Gampang ya ... memang nah ... kami ini benar-benar blogger kuper.
Berkaitan dengan shoutbox atau shoutmix dan sejenisnya ada satu trik lagi yang mungkin tidak penting, namun jika tidak diperhatikan akan mengganggu tampilan blog anda. Yaitu lebar dari shoutbox. Saat kita membuat dahulu kita diminta memilih lebar shoutbox yang kita inginkan misal 240 px. Namun lebar yang kita pilih kadang tidak sesuai dengan lebar sidebar / lebar tempat kita meletakkan shotbox tersebut. (Shoutbox ini dapat kita taruh dimana saja, pada side bar, bagian bawah, di halaman mandiri (blogspot menyebutnya laman mandiri), di halaman postingan dan lain sebagainya, bahkan bisa kita buat dua buah, seperti punya saya, ada di bagian bawah dan di sidebar.
Caranya mengubah lebar agar sesuai dengan tempat yang kita inginkan adalah dengan mencermati kode HTML/Script dan mengganti ukuran lebarnya dari width= "240px" dengan width="100%" dengan dinyatakan dalam persen maka lebar shoutbox akan menyesuaikan dengan lebar tempatnya. Sidebar andapun akan sedikit lebih rapi.
Andapun dapat menyesuaikan tingginya, dan jika anda ingin, anda bisa menaruhnya dilaman mandiri atau postinggan dan digabung dengan Form emailme (email ke saya) untuk buku tamu. Gimana ???

1 komentar:

Anonim mengatakan...

apa yang saya cari, terima kasih

Related Posts with Thumbnails
Ini adalah Contoh Menu, Bukan menu sebenarnya. Ini adalah bagian/ilustrasi dari posting Saya


Profile Visitor Map - Click to view visits
Mau? Klik Ini
javascript:void(0)