Selamat Datang, Terimakasih Atas KunjungannyaBeranda
Joko Skul narni sun-sun pemda bjr p4tk mtk
smp satui sulistiana fadjar pwr smp1 wno sumarna
Jumat, 21 Oktober 2011

ANALISIS KLASIK RINGAN

Analisis ulangan, Analisis soal, Analisis Hasil, Analisis Ketuntasan, atau apalah itu diberi nama, rupanya masih banyak menjadi keluhan. Semua guru pasti sebenarnya menyadari bahwa hal itu penting dan seharusnya dilakukan. Namun disaat jam wajib mengajar 24 jam, bahkan konon nantinya wajib 27 jam dan harus 6 hari kerja, jam 07.00 - 14.00 theng, maka waktu dirumah seakan tidak ada lagi untuk mengerjakan tugas lain. Lha kan mestinya di sekolah, disela waktu-waktu luang, kita bisa mengerjakan tugas guru lain, memeriksa hasil kerja siswa, menyusun RPP, membuat modul, melakukan analisis ulangan, dll. Wah yang benar saja ....
Nah dalam rangka membantu meringankan kerja rekan-rekan itulah saya berusaha membuat program bantu analisis nilai dan sekaligus analisis soal. Soal bermanfaat atau tidak, ya ... itu bukan masalah saya.
Fleksian sebagai produk andalan saya, lumayan mendapat tanggapan. Mulai dari ucapan terimakasih, minta password, menunjukkan adanya kekeurangan, menunjukkan buatan mereka juga baik, menunjukkan buatan mereka lebih baik, menanyakan cara membuat beberapa bagian dari fleksian, menanyakan beberapa rumus/formula excel yang digunakan, dan masih banyak lagi. Apapun tanggapannya saya ucapkan terimakasih.
Beberapa tanggapan yang menjadi perhatian saya adalah besarnya ukuran file dari fleksian. Besarnya ukuran ini menyebabkan proses download dan penyimpanan menjadi lambat. Setelah mencari cara menekan ukuran file, akhirnya cara itu saya temukan juga, yaitu dengan cara "konvert" fleksian hasil download ke excel 2007. Hasilnya? ternyata lumayan juga. Dengan cara ini fleksian dapat dimampatkan hanya menjadi setengahnya saja, dari 5,.. MB menjadi sekitar 2,6 MB. Mantap.
Caranya adalah sebagai berikut. Buka fleksian anda, jika di bagian atas muncul tulisan [compatibility mode] dan setiap disimpan muncul tulisan compability cecker, maka fleksian anda dapat dimampatkan. 1) klik ofice buton, simbol windows pada bagian paling kiri paling atas, pojok halaman. 2) klik pilihan konvert yang ada, 3) ikuti yes-yes saja. Selesai. Silahkan lihat ukuran file fleksian anda sekarang.
Nah hasil dari konversi tersebut saya modifikasi lagi, sehingga ukuran filenya kurang dari 1000 kb. Dahsyat kan. Sekalian saya atur supaya anda dapat mengatur tampilan, besar huruf, bold, dll. Modifikasi berikutnya ada pada tindak lanjut. Pada halaman ini sudah dipilah antara soal yang tidak tuntas klasikal, dan soal yang tidak tuntas per individu. Nilai akhir juga dapat anda pilih, mau ambil nilai maksimal atau nilai KKM bagi siswa yang ikut remidial dan memperoleh nilai lebih dari KKM.
Wah untuk jelasnya lihat gambar-gambar berikut. Filenya ... nanti baru di siapkan. AIMKu? Wah belum beres. Berikutnya malah modifikasi fleksian tapi untuk 2 paket soal. Mantapkan.


Nah bagian inilah yang paling penting. Pada bagian ini/tindak lanjut, telah dilakukan perubahan yang signifikan. Pada bagian ini nomor soal yang tidak tuntas klasikal dimunculkan. Nomor soal yang tidak tuntas secara individu (per individu) juga dimunculkan dan dapat anda atur apakah jika sudah masuk ke daftar soal yang td tuntas klasikal juga masuk lagi atau tidak. Bagian lain yang juga penting adalah anda bisa mengatur nilai akhir. Jika A ikut remedial (dengan nilai KKM misal 7,2) dan nilai perbaikan dia 7,9 apakah diisi 7,9 atau KKM 7,2, Semua dapat di atur.

Berminat?? Wah untuk yang ini nda perlu mengirimi pulsa 10.000,00 ke nomor saya, baru saya kirim filenya. Serius lho... he...he...


2 komentar:

Anonim mengatakan...

pak boleh g saya minta? no HP nya berapa?

fheris mengatakan...

boleh. 085230068305

Related Posts with Thumbnails
Ini adalah Contoh Menu, Bukan menu sebenarnya. Ini adalah bagian/ilustrasi dari posting Saya


Profile Visitor Map - Click to view visits
Mau? Klik Ini
javascript:void(0)