Selamat Datang, Terimakasih Atas KunjungannyaBeranda
Joko Skul narni sun-sun pemda bjr p4tk mtk
smp satui sulistiana fadjar pwr smp1 wno sumarna
Kamis, 01 April 2010

Membuat Menu Di Blog

Membuat menu di blog? mungkin anda semua telah lama tahu. Tapi jujur saja, bagi saya dahulu membuat menu adalah sebuah misteri. Apa lagi menu yang inovatif (menurut saya). Namun saya termasuk blogger gigih (weh...weh...) menurut saya lho. Buktinya, biarpun saya tidak punya background ilmu IT, toh saya berusaha mencapai keinginan saya.
Nah suatu hari teman saya (Sumarna Satui) menanyakan bagaimana cara membuat menu yang jika didekati kursor maka isinya muncul (saya pernah baca istilahnya Pop-up atau Drop Down ya...? Malah lupa saya). Bagaimana caranya?? Yah ... mana saya tahu... Trus saya tanya, yang mana sih contohnya?? Ternyata dia terinspirasi punyanya Kang Rahman yang jadi rujukan para blogger (banyak). Tapi saya ndak lho, saya mandiri saja.
Saya lihat.... ternyata ... wo ... lha memang bagus, jadi saya pelajari bagaimana membuatnya, coba-coba, eh .... ternyata bisa ....
Nah hasil modifikasi saya adalah seperti contoh berikut.


Contohnya saya taruh dibagian atas posting ini ya .....

Menu di atas, akan terlihat bagus (maksud saya) hanya jika menggunakan browser Mozila Firefox saja. Jika pake internet Explorer(IE) tidak ada apa-apanya. Lain kali mungkin saya cari sebabnya.

Menu ini saya gunakan di blog saya yang lain. Anda ingin tahu caranya ... Silahkan klik link berikut ini.

...........>Klil Ini<............

Dalam bentuk text HTMLnya sbb:


Memang agak panjang, tapi bisa kita ambil seperlunya. Untuk mencobanyan silahkan dikopi text HTML di atas, buka notepad, paste, kemudian simpan dengan nama menu.html Sebelum lupa anda harus menuliskan "buka kurung html tutup kurung dan pada bagian akhir juga ditutup dengan tags tanda lebih kecil garismiring html lebih besar. Setelah itu simpan dan buka dengan browser Mozila Firefox.

Tentu Saja anda dapat modifikasi sendiri. Modifikasinya dapat berupa ukuran kotak, warna, arah munculnya, dll. Pokoknya seru juga lho.

Tidak ada komentar:

Related Posts with Thumbnails
Ini adalah Contoh Menu, Bukan menu sebenarnya. Ini adalah bagian/ilustrasi dari posting Saya


Profile Visitor Map - Click to view visits
Mau? Klik Ini
javascript:void(0)