Selamat Datang, Terimakasih Atas KunjungannyaBeranda
Joko Skul narni sun-sun pemda bjr p4tk mtk
smp satui sulistiana fadjar pwr smp1 wno sumarna
Rabu, 28 Juli 2010

PROTECT PADA MS WORD

Suatu hari mantan murid saya berkunjung ke tempat saya dan bercerita, intinya bahwa dia sudah menyelesaikan skripsinya, tinggal cetak saja. Jadi supaya aman filenya dia simpan dalam bentuk PDF. Saya tanya kenapa disimpan dalam bentuk PDF. Supaya aman dan tidak terubah lagi katanya. O.... gitu to.

Sebenarnya ada cara mudah yang dapat dilakukan untuk melindungi agar file MS. Word kita tidak terubah atau tepatnya tidak dapat diubah oleh orang lain. Bahkan anda dapat memprotek halaman tertentu, sedangkan halaman lain boleh diubah. Caranya ... gampang saja, coba anda pakai protect document saja. Silahkan coba langkah berikut ini.

Untuk MS Ofice Word 2003, Silahkan buka dokumen baru, simpan dengan nama misalnya RPP. Buat section brake (Insert --- Brake --- klik next page --- oke). Maka halamannya menjdi dua (dua section yang nanti lebih mudah di atur). Nah sekarang tinggal pasang protect. Caranya (Tools – protect document ) akan muncul Panel seperti gambar. Pilih Editing Restrictions --- pilih Filing In Forms (lihat gambar) --- berikutnya Klik Select Sections --- Klik (tandai) section 1 --- oke. Berikutnya langkah 3, Start enforcement --- klik Yes, Start Enforcing Protection --- masukkan password --- oke.

Dengan cara ini maka section (halaman 1 tidak dapat diubah / diedit dan halaman 2 (section 2) dapat diubah. Nah anda dapat mengkreasi sendiri berikutnya. Jika kedua section ditandai maka kedua section tidak dapat diubah. Jika keduanya tidak ditandai? Tentu semua dapat diubah atau di edit, tapi apa gunanya paswordnya kalau begitu.

Section brake dapat dimanfaatkan untuk banyak hal: menggunakan nomor yang berbeda beda misal halaman satu sampai lima menggunakan i, ii, iii, iv, v sedangkan berikutnya dimulai dengan 1, 2, 3, 4 dst. Dapat juga di atur page setup yang berbeda misal section satu portrait dan section 2 lanskape dan ukuran berbeda.

Gambar 1


Gambar 2



Gambar 3



Gambar 4


Tidak ada komentar:

Related Posts with Thumbnails
Ini adalah Contoh Menu, Bukan menu sebenarnya. Ini adalah bagian/ilustrasi dari posting Saya


Profile Visitor Map - Click to view visits
Mau? Klik Ini
javascript:void(0)