Selamat Datang, Terimakasih Atas KunjungannyaBeranda
Joko Skul narni sun-sun pemda bjr p4tk mtk
smp satui sulistiana fadjar pwr smp1 wno sumarna
Rabu, 25 Mei 2011

ROUND, ROUNDUP, ROUNDDOWN

Kadang-kadang kita sebagai pengguna excel, kurang memperhatikan detail dari suatu fungsi, dan cenderung lebih memperhatikan tampilan. Salah satu contoh adalah ketika kita membuat rumus jumlah, rata-rata dan lain-lain.
Misalnya kita akan membuat rumus jumlah dan rata-rata nilai dari beberapa siswa. Dalam pengaturan bilangan, kita biasa hanya mengandalkan "format number" yaitu dari format cell, number, desimal place. Secara kasat mata / penampilan tentu tidak ada yang salah. Misalnya jika kita mengatur "desimal place" dengan dua maka semua akan ditampilkan dalam bentuk dua angka dibelakang koma sesuai keinginan kita. Terus dimana salahnya??

Coba anda praktikan kasus berikut.
ketik di sell A1 sebagai berikut =1/3
ketik di sell A2 sebagai berikut =1/3
ketik di sell A3 sebagai berikut =1/3

Atur format cell, number, 2 tempat desimal.
Maka pada cell A1, A2, A3 akan muncul 0,33
Ketikan pada cell A4 sbb: =SUM(A1:A3)

Seharusnya hasilnya adalah 0,99 namun mengapa kok hasilnya 1. Nah itulah, kadangkala tampilan menyesatkan. Hal tersebut disebabkan format cell hanya berefek pada tampilan saja. Untuk mengatasi hal tersebut kita memerlukan fungsi ROUND. Caranya sisipkan fungsi Round pada cell A! sampai A3, sbb pada sell A1 ketikkan =Round(1/3;2) demikian juga pada sell A2 dan A3. Nah sekarang jumlahnya sesuai keinginan.
Nilai atau angka 1/3 tentu saja bisa diganti dengan berbagai cara, misal diganti isi dari cell lain , contoh =(Round(B5;2). Demikian juga angka 2 bisa dijadikan variabel. Misalnya =Round(B5;B7). Jika kita isi B7 dngan 2 maka cell A1 dibulatkan hingga 2 tempat desimal. Demikian juga jika kita isi dengan 3.
Round sebenarnya "berkawan dengan" Roundup, Rounddown. Roundup digunakan untuk "memaksa" agar nilai dibulatkan ke atas. Salah satu contoh penerapan adalah saat anda membuat prediksi "berapa jawaban minimal harus benar agar seorang siswa dapat lulus, dan banyak kegunaan lain. Rounddown digunakan untuk membulatkan ke bawah, Contoh Jika bilangan 4,37 jika menggunakan round 1 desimal akan diperoleh hasil 4,4 jika kita pakai Rounddown 1 desimal akan diperoleh 4,37 dan jika menggunakan Roundup maka hasilnya 4,4. Itulah salah satu pentingnya penggunaan Round, Roundup, Rounddown.

1 komentar:

wisnu samino mengatakan...

Makasih Buat Sharenya

Related Posts with Thumbnails
Ini adalah Contoh Menu, Bukan menu sebenarnya. Ini adalah bagian/ilustrasi dari posting Saya


Profile Visitor Map - Click to view visits
Mau? Klik Ini
javascript:void(0)