Selamat Datang, Terimakasih Atas KunjungannyaBeranda
Joko Skul narni sun-sun pemda bjr p4tk mtk
smp satui sulistiana fadjar pwr smp1 wno sumarna
Senin, 22 Juni 2009

Membuat SKHU Sementara

Sudah pengumuman?? Lulus semua??? berapapun yang lulus, syukur saja. Sekolahan saya ada tiga yang tidak lulus, dari 36 peserta. Yah....lumayanlah. Pengukuhan sudah, pesta pisah sudah, apa lagi.... Wow ternyata, banyak sekali tugas yuang menunggu. Salah satunya membuat SKHU Sementara, agar siswa dapat mendaftar di SMA.
Bagaimana anda biasanya membuatnya?? Manual?? Dengan Mail Merger?? Dengan Excel?? Apapun caranya yang jelas kita harus membuatnya cepat kan? Beberapa hari kemarin ada teman yang menanyakan adanya masalah dengan mail merger, yaitu bagaimana caranya membuat agar ketika dimailmerger nilai siswa tetap dua desimal (dua angka dibelakang koma). Maksudnya jika data yang di excel berasal dari 22/3 kan mestinya hasilnya 7,3333333....... kemudian kita ubah formatnya (atau dengan round) maka akan tertulis 7,33. Namun jika kita gunakan sebagai basis data dalam mail merger angkanya kembali menjadi 7,333333333.... padahal yang kita kehendaki adalah 7,33.
Untuk mengatasi hal ini dapat kita lakukan dengan menggunakan fungsi TEXT, mengubah angka menjadi text. Jadi kita memerlukan satu Sheet baru sebagai perantara, sheet baru inilah yang akan kita jadikan basis data mail merger kita.
Kita asumsikan anda mengetik data nilai yang berisi no, nama, nomor peserta, nilai bahasa indo, ....... dan asumsikan lagi "no" berada pada cell a2 sheet 1, maka pada sheet 2, cell a2 kita ketik =text("klik shett1 cell a2 tadi","0.00") kemudian enter. tanda koma pada "," dan tanda titik pada 0.00 disesuaikan dengan settingan komputer anda. Kemudian anda tinggal "blok cell a2 sheet 2 tadi" kemudian ditarik kekanan dan ke bawah sesuai jumlah kolom dan baris yang dipergunakan pada sheet 1. Save. Nah anda siap membuat mail merger dengan sheet 2 sebagai basis data anda, dan SKHU pun segera siap.
Sebenarnya saya mempunyai program sederhana untuk membuat SKHU dengan hanya menggunakan Excell saja. Ini dulu saya buat untuk sekolahan yang gurunya/TUnya belum paham dan "tidak mau" coba mailmerger. Dengan hanya mengetik angka 1, maka dengan sekali printah print, dapat kita cetak 10 lembar SKHU untuk sepuluh siswa nomor urut 1 - 10. Kita ganti angka 2, maka kita dapat print 11 - 20, dst. Yah walaupun belum langsung banyak, tapi lumayanlah, kalau siswanya 328 maka kita tinggal tulis 1, 2, sampai 32 saja. Program ini juga langsung mampu membuat laporan tentang kelulusan dan distribusi nilai, bisa langsung tanda terima skhu sementara juga lho. tapi belum saya upload, jadi yah....gimana ne...
Berminat email me di smpn5_martapura@yahoo.com

4 komentar:

Uguns mengatakan...

cory nomor SKHU w mana ya?

Anonim mengatakan...

HL
批發

seo

網路行銷

Anonim mengatakan...

IF
情趣用品

提供上千種成人商品線上購物服務--專營情趣商品、男女自慰用品、性感睡衣、情趣用品批發、自慰套、SM商品、逼真情趣娃娃、跳蛋、按摩棒、同志用品、TENGA飛機杯..,可線上刷卡及貨到付款。 ... 收到的東西會有情趣用品的字樣嗎? 轉帳之後,如何通知這筆款項是我付的
導航

Anonim mengatakan...

提供最佳的十大生活資訊與分享:
你知道哪裡有好吃的蛋糕嗎!
你知道白蟻如何防治嬤!
汽車隔熱紙一定是越貴越好嬤!
哪一種棧板是具有環保!
台中哪一家整形醫師縫雙眼皮最讓妳滿意!
關鍵字的搜尋行銷要領
如果要高雄旅遊,讓我告訴你高雄縣旅遊觀光景點
會計事務所到底是做哪些事!
長期照顧老人看護要如何選擇
哪裡可以選到價廉物美的服飾批發!

Related Posts with Thumbnails
Ini adalah Contoh Menu, Bukan menu sebenarnya. Ini adalah bagian/ilustrasi dari posting Saya


Profile Visitor Map - Click to view visits
Mau? Klik Ini
javascript:void(0)