Selamat Datang, Terimakasih Atas KunjungannyaBeranda
Joko Skul narni sun-sun pemda bjr p4tk mtk
smp satui sulistiana fadjar pwr smp1 wno sumarna
Sabtu, 11 Juni 2011

FUNGSI ANGKA KATA UNTUK RAPORT (LAGI)

Beberapa hari yang lalu, teman saya (Teddy – Lampung) menanyakan tentang masalah memunculkan tulisan terbilang pada raport. Maksudnya adalah memunculkan tulisan “tujuh” jika sebelah kirinya ditulis angka 7, atau “Tujuhpuluh Satu” jika sebelah kirinya ditulis angka 71, atau “Tujuh Puluh Enam Koma Dua Tiga” jika disebelah kirinya dituliskan angka 76,23.
Karena masih dalam taraf belajar (saya juga baru belajar) maka ia meminta rumus yang paling sederhana. Rumus sederhana tentu mempunyai konsekuensi tersendiri. Akhirnya rumuspun saya “diktekan” melalui HP. Jadi? Masih ada problem sedikit sih. Mungkin kurang teliti karena saya juga hanya mengandalkan logika dan ingatan yang tidak seberapa tanpa melihat laptop.
Nah karena waktu yang terbatas maka saya berjanji mengusahakan memperbaikinya dan mengirim hasilnya dalam waktu singkat, inilah hasilnya. Rumus yang digunakan hanyalah vlookup, rounddown, text, left, right, concatenate. Rumus selengkapnya adalah :

=IF(A6="";"";CONCATENATE(VLOOKUP(ROUNDDOWN(A6;0);Sheet1!$A$6:$B$7000;2);" Koma ";VLOOKUP(VALUE(LEFT(RIGHT(TEXT(A6;"00000.00");2)));Sheet1!$A$6:$B$15;2);" ";VLOOKUP(VALUE(RIGHT(TEXT(A6;"00000.00");1));Sheet1!$A$6:$B$15;2;FALSE)))

Secara sederhana rumus tersebut bekerja dengan 1) membulatkan kebawah (rounddown) sehingga kita memiliki bilangan bulatnya. Misal 123,45 dibulatkan ke bawah menjadi 123. 2)menemukan 2 angka dibelakang koma, meisahkannya serta menterjemahkannya yautu angka pertama (vlookup kedua) dan kedua (vlookup ke tiga). 3) menggabungkan ketiga bagian yang ada (concatenate). Sebagai catatan, laptop saya tanda pemisah desimal menggunakan titik. Jika laptop anda menggunakan pemisah desimal dengan koma, maka anda harus mengganti “00000.00” dengan “00000,00”. Jika anda akan mengganti kata “koma” dengan tanda “,” maka dalam rumus tersebut juga harus diganti.
Panjang? Ya relatif. Jika dibanding rumus fungsi angka kata saya terdahulu maka ini tentu lebih pendek. Namun meskipun pendek, rumus ini rupanya lebih “sakti”. Selain mampu “menterjemahkan” lebih panjang, rumus ini juga fleksibel.
Karena pendek rumusnya, maka ada konsekuensinya, yaitu kita “terpaksa” harus menulis array 1 = satu, dst sapai ribuan. Namun tentu kita bisa akali dengan memanfaatkan rumus sederhana, sehingga tinggal kopi-kopi saja. (silahkan lihat pada file download-tannya).
Cara memakainya adalah sebagai berikut. 1) download file INI. 2) buka file. 3) buka sheet rumus (merah), klik di b1 kopi sell b1 (klik b1 kemudian kopi). 4) misalkan angka yang akan anda “terjemahkan” ada di sheet 2 maka buka sheet tersebut. Jika angka itu ada di A1 maka “paste”kan rumus yang dikopi tadi di B1. Maka “terjemahan” tersebut akan muncul. Saktinya rumus ini dapat kita coba. Silahkan buka file excel mana saja di komputer anda, misalnya file raport. Anggap angka-angka ada di sel d5, kopi rumus (kopi sell rumus) tadi, pastekan di sell e5. Berhasil bukan? Namun file ini akan sukses jika masih dalam satu komputer. Jika file raport anda bawa ke komputer lain (dengan flasdsk) sedangkan file yang ada rumusnya tadi tidak, maka mungkin akan gagal.
Sebenarnya banyak rumus semacam ini yang sudah saya buat. Rumus-rumusnya tentu berbeda-beda karena jalan berpikir saat membuatnya juga berbeda-beda. Yang jelas rumus-rumus tidak melibatkan visual basic, selain lebih rumit, saya juga belum bisa.
Rumus ini hanya untuk keperluan raport jadi ya angka/bilangannya tidak sampai puluhan ribu. Anda dapat mengajukan pertanyaan, saran, dan lain-lain baik melalui email maupun telepon. Jika saya bisa maka akan saya balas/jawab tentu jika saya tidak sibuk .... gratis.... kecuali anda suka rela membelikan saya pulsa....he..he..he.... download disini

Tidak ada komentar:

Related Posts with Thumbnails
Ini adalah Contoh Menu, Bukan menu sebenarnya. Ini adalah bagian/ilustrasi dari posting Saya


Profile Visitor Map - Click to view visits
Mau? Klik Ini
javascript:void(0)